Stress adalah proses pendewasaan diri karena kita sedang menghadapi sebuah tantangan hidup berupa tuntutan, peluang dan masalah hidup tingkat lanjut (next level) yang harus kita lalui,  percaya ataupun tidak kedewasaan kita dinilai sejauh mana kita dapat menyelesaikan masalah dengan baik.

Sedikit sering Jika hidup kita diliputi perasaan stres maka ada beberapa hal sederhana yang merupakan cara mengatasi stress dan dapat segera kita lakukan,  jangan sampai pengaruh stres menyiksa hidup kita dan menyebabkan frustrasi sehingga mudah marah, cemas, konflik, dan merasa  tertekan untuk itu kita perlu mengontrol pikiran kita dan tak menjadikan masalah menjadi beban pikiran sebagai cara mengatasi stress yang paling mudah…

  1. Perbanyaklah berdzikir dan berdoa, memohonlah kepada-Nya agar diberikan jalan keluar terbaik dari masalah yang kita hadapi. Memintalah kepada-Nya  dengan segala kerendahan hati karena Tuhanlah sebaik-baiknya pemberi jalan keluar
  2. Milikilah pandangan positif terhadap diri kita dan berupaya menahan diri dari pikiran negatif sehingga akan membantu untuk berpikir jernih dan objektif  dalam mengambil keputusan dan bergaullah dengan orang-orang yang berfikir positif
  3. Istirahat yang cukup jangan sampai ada kekurangan tidur karena denga tidur yang cukup akan membantu kita merasa segar dan menjadi produktif terhadap pekerjaan dan tanggung jawab. Ini akan membantu membersihkan pikiran dan objektif  dalam menganalisa sebuah masalah.
  4. Cobalah untuk relaksasi dengan melakukan hobby kita seperti mendengar musik, menonton film, membaca, melukis, bercanda dengan teman-teman dan apapun yang dapat membantu menenangkan kita dan memberi suasana hati yang kondusif.
  5. Cobalah untuk berbagi pemikiran dengan orang-orang yang kita percayai (curhat gitu lho) yang netral dalam melihat permasalahan sehingga kita dapat mendapatkan saran, nasehat yang orisinil tanpa dipengaruhi ego dan kepentingan
  6. Rendah hatilah dan jujurlah pada diri kita sendiri agar kita dapat dengan mudah melihat kesalahan yang telah kita lakukan sehingga dapat mengevaluasi diri untuk mengambil langkah yang lebih baik dari sebelumnya.
  7. Jika kita terpaksa berada dalam kondisi yang dapat membuat kita emosi dan marah sebaiknya kita diam, mengatur nafas daripada kita berbicara dalam keadaan emosi. Ingat .. Kondisi emosi akan membuat lidah bergerak lebih cepat dari otak sehingga memungkinkan kita berbicara diluar kontrol dan menambah masalah-masalah baru disekitar kita yang pada akhirnya akan menambah beban stress kita.

Salam hangat, semoga bermanfaat…