Software adalah sebutan untuk semua jenis program komputer. Program-program ini terdiri dari kumpulan perintah-perintah yang memberitahukan kepada PC, apa yang harus diperbuat, apa yang harus ditampilkan di monitor, apa yang harus dicetak, dan lain-lain.

Biasanya software dicopy ke dalam harddisk melalui Flash Disk atau CD-ROM. Pada saat membeli PC, seringkali telah diinstallasikan beberapa program penting seperti sistem operasi Windows dan program lain ke dalam harddisk. Untuk mengaktifkan program, pemakai harus menyalakan PC dan memilih program yang diinginkan. Biasanya program ditampilkan dalam bentuk icon kecil atau menu. Pada saat diaktifkan, komputer akan mencari program tersebut dari dalam harddisk dan meloadnya ke dalam memory kerja.

Sistem operasi Windows memiliki sebuah layar permukaan grafis dan jendela-jendela (window) yang berisikan menu-menu. Penggunaan Windows pada dasarnya cukup mudah.

Dalam Windows, tampilan layar dan cetakan berbasis pada prinsip WYSIWYG (What You See Is What You Get). Ini berarti hasil cetakannya mirip dengan tampilan yang ada di layar. Apabila anda telah terbiasa dengan menu-menu dan cara kerja Windows, berarti anda dapat bekerja dengan hampir semua program Windows meskipun baru pertama kali mencobanya. Untuk setiap jenis tugas atau pekerjaan biasanya tersedia software yang sesuai.