Slide Viewer, merupakan fasilitas yang terdapat pada PowrPoint guna untuk memeprmudah seorang desainer presesntasi dalam merancang dan membuat file slide. Selengkapnya dapat dilihat pada Tabel 2. Tabel 2. Penggunaan Slide Viewer.

Normal View Untuk proses perancangan dan pembuatan sebuah slide Presentasi, untuk proses pengeditan, menambahkan catatan dan sebagainya

Slide Sorter View Untuk proses pengorganisasian slide, reviewing, penyusunan atau pengaturan timing dan transisi slide.

Slide Show Untuk menampilkan sebuah slide presentasi secara full screen, yang dimulai dari halaman slide yang saat ini dipilih.

Rancangan Slide (Slide Design)

Rancangan slide, dapat dikonfigurasi dari awal, hal ini dimungkinkan, karena tersebianya fasilitas template untuk kebutuhan ini. Untk mengaktifkan slide designdapat dilakukan langkah sebagai berikut:

a. KlikmenuFormatÆSlideDesign,ataudenganmengklikikon Design yangterdapatpadahalamantoolbar,sehinggajendelaslidedesignakan tampil pada sisikanan halaman kerja, seperti terlihat pada Gambar 2.4.

8

b. PadamenuSlidedesignterdapattigapilihankomponen,masing-masing yaitu Design templates untuk mengaktif template yang ada dalam PowerPoint 2003, Color Schemes, digunakan untuk mengatur skema warnayangaakandigunakanpadaslidedanAnimationShceme,untuk mengatur tampilan animasi pada saat slide dijalankan.

Masing-masing dapatdijelaskansebagaiberikut:

1) Design Template

a) PadaopsiDesignTemplate,ditampilkanpilihandesaintemplate yang tersedia. Seorang desiner dapat menggunakan salah satu designtemplate yang tersedia ini sebagai tampilan halaman slidenya,denganmenggerakkanscrollbarsecaravertikalkeatas atau ke bawah

untitled

b) Jika ingin menambahkan fasilitas design template, maka dapat

dilakukan dengan mengklik opsi Browe, yang terdapat di bawah design template, sehingga ditmapilkan gambar sebagai berikut :

9

c)Kemudian pilih salah satu folder template yang ada 1033 atau Presentation Design, kemudian pilih salah satu desain yang disukai.

10

Advertisements