Cara menyisipkan tabel di WordPress. Sebagaimana diketahui bersama bahwa fasilitas tersebut tidak secara langsung tersedia. Anda harus mengetikkan kode HTML dari tabel tersebut ke editor WordPress. Tentu saja cara ini cukup merepotkan bagi siapa saja yang tidak begitu familiar dengan skrip HTML (termasuk salah satunya adalah saya ).

Solusi yang lebih mudah adalah dengan membuat tabel tersebut melalui aplikasi pengolah kata. Hasil jadinya kemudian disimpan dalam bentuk file HTML. Pada tutorial kali ini, perangkat yang diperlukan adalah:

  1. Aplikasi pengolah kata
  2. Editor Blog Offline (opsional)

Saya memilih Open Office Writer sebagai aplikasi pengolah kata. Bukan semata-mata masalah lisensi, namun kode yang dihasilkannya adalah HTML dengan sedikit CSS dan tanpa embel-embel XML. Sehingga lebih kompatibel dengan editor bawaan WordPress (atau editor blog manapun). Anda bisa mendapatkan versi Open Office terbaru disini. Adapun editor blog offline sebagaimana yang dimaksud diatas adalah Blogdesk. Saya sudah pernah membahas editor blog satu ini beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya dalam pembuatan tabel, Blogdesk tidak terlalu diperlukan. Hanya saja karena saya tidak bisa online setiap saat, saya memerlukannya untuk melihat “cuplikan” (preview) tabel tersebut bila dimuat di blog. Bagi anda yang terkoneksi ke internet, kode HTML yang sudah jadi, bisa langsung disalin ke editor WordPress, dan hasilnya bisa langsung dilihat saat itu juga.

Langkah pertama adalah membuat tabel di Open Office Writer seperti berikut ini:

  • Buka Open Office Writer. Start > Programs > OpenOffice.org > OpenOffice.org Writer.

cara menyisipkan tabel

  • Klik Table > Insert > Table (Ctrl + F12).

cara menyisipkan tabel

  • Abaikan nama tabel di Name. Isikan jumlah kolom dan baris untuk tabel, masing-masing pada Columns (a) dan Rows (b). Klik OK.

cara menyisipkan tabel

  • Atur lebar kolom dengan menempatkan pointer pada garis batas antar kolom hingga muncul simbol panah kiri-kanan, lalu menggesernya ke kiri (untuk menyempitkannya) atau ke kanan (untuk melebarkannya). Lakukan ini untuk seluruh kolom yang tersedia.

cara menyisipkan tabel

  • Ketikkan teks di dalam tabel tersebut. Jika masih diperlukan pengaturan kolom, lakukan seperti no.4 di atas.

Supaya lebih menarik, anda dapat menambahkan beberapa “modifikasi” pada tabel tersebut melalui kotak dialog Table Format. Blok satu atau beberapa sel lalu klik menu Table > Table Properties .

cara menyisipkan tabel

Berikutnya, untuk:

  • Menambahkan warna latar belakang pada tiap sel.

Pilih tab Background. Pilihlah salah satu warna pada Background Color (a). Pastikan pada As telah terisi Color (b) dan pada For telah terpilih Cell (c). Klik OK.

cara menyisipkan tabel

  • Mengatur perataan teks.

Untuk meratakan teks secara horizontal, anda dapat menggunakan tombol perataan teks yang sudah tersedia di toolbar.

cara menyisipkan tabel

Untuk meratakan teks secara vertikal, pilihlah tab Text Flow pada kotak dialog Table Format. Selanjutnya pada Alignment (a), pilihlah jenis perataan teksnya.

cara menyisipkan tabel

  • Mengubah border (garis pembatas).

Pilih tab Borders. Pada pilihan Line, tentukan jenis garisnya pada Style (a) dan warnanya pada Color (b). Penataan garis dapat menggunakan salah satu dari lima pilihan Default (c) yang tersedia, atau dengan menggunakan penataan tersendiri lewat pilihan User-defined (d).

cara menyisipkan tabel

Untuk menggunakan pilihan tersebut, tunjuklah garis yang akan dimunculkan atau dihilangkan (yang ditandai dengan panah hitam seperti gambar di bawah ini).

cara menyisipkan tabel

Sebagai tambahan, jika anda hendak mengganti warna font, maka pilihlah terlebih dahulu teks yang akan diubah warnanya. Lanjutkan dengan memilih tanda panah kecil di bagian kanan icon Font Color (a), lalu pilih warnanya (b).

cara menyisipkan tabel

Setelah usai membuat tabel, simpan file tersebut dengan format HTML. Klik File > Save as…

cara menyisipkan tabel

Pada bagian Save as type, pilihlah HTML Document. Klik Save.

cara menyisipkan tabel

Tutup dokumen tersebut, tetapi jangan keluar dari Open Office Writer. Klik File > Close.

cara menyisipkan tabel

Langkah kedua adalah membuka file HTML tersebut dan menyalin kodenya.

  • Buka kembali dokumen yang sudah anda simpan dalam format HTML tersebut. Klik File > Open.

cara menyisipkan tabel

  • Pilihlah dokumen yang sudah anda buat tadi. Klik Open.

cara menyisipkan tabel

  • Klik View > HTML Source untuk melihat kodenya.

cara menyisipkan tabel

Blok kode HTML mulai dari tulisan <TABLE … sampai dengan </TABLE>. Klik kanan pada area yang diblok dan pilih Copy.

cara menyisipkan tabel

cara menyisipkan tabel

Namun bila anda hanya ingin melihat cuplikannya saja tanpa perlu terkoneksi ke internet, anda juga dapat memanfaatkan Blogdesk.

  • Buka Blogdesk dan pilih artikel yang anda hendak tambahkan tabel di dalamnya. Tempatkan kursor pada lokasi penyisipan kode HTML.
  • Pada kotak Insert HTML, klik kanan dan pilih Paste. Klik OK.

cara menyisipkan tabel

  • Berikutnya tabel akan muncul pada titik penyisipan yang telah ditentukan.

Pada kotak Insert HTML, klik kanan dan pilih Paste. Klik OK.

Adapun contoh salah satu tabel yang saya buat dengan cara sebagaimana diatas, dapat anda lihat pada artikel berikut ini.

Pembaca yang budiman, sampai sejauh ini saya belum menemukan cara lain yang lebih singkat dan mudah untuk menyisipkan tabel di WordPress. Jika ternyata anda mengetahui cara lain yang lebih praktis, mohon untuk diinformasikan kepada saya. Setidaknya dengan memberikan informasi lewat kotak komentar di bawah ini.

http://arief hs.wordpress.com/