menandai_suara

Telah kita alami bersama salah satu peristiwa bersejarah bagi bangsa dan negara yang masih perlu banyak belajar dalam hal berbangsa dan bernegara dengan baik ini, yakni Pemilihan Umum Legislatif 2009. Meskipun masih dalam proses rekapitulasi atau penghitungan untuk dapat mengetahui secara akurat berapa perolehan suara masing-masing partai yang ikut menjadi peserta dalam Pemilu kali ini, kita semua telah mengetahui bahwa perolehan suara terbesar masih dimiliki oleh Saudara-saudara kita yang tidak menggunakan hak pilihnya alias Golput (Golongan Putih), baik itu yang sengaja menjadi Golput ataupun yang di-Golput-kan oleh negara karena namanya tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akibat carut-marutnya sistem pendataan kependudukan kita.

Terlepas dari apapun hasil Pemilu Legislatif 2009 nanti, kita tentu masih mamiliki semangat dan optimisme yang tinggi dalam peran dan aktivitas kita, bila kita ingat kembali pointer MT berikut ini :

Engkau dilahirkan dengan semua kemungkinan yang sama untuk menjadi pribadi yang sejahtera, berbahagia, dan cemerlang.

Engkau dibesarkan dengan tujuan untuk menjadi lebih kuat sebagai pelaksana dari semua tindakan yang dibutuhkan untuk menjadikan dirimu pribadi yang mandiri.

Engkau diberikan ketergesaan sebagai nama dari gerakan utama dari hatimu.

Engkau dilahirkan di antara banyak orang yang menasehatkan dan meneladankan yang baik, dan yang membuktikan kebaikan dari kebaikan.

Di antara mereka, ada juga yang mencontohkan ketidak-setiaan kepada yang baik, agar engkau melihat ketidak-baikan yang menyiksa, dan agar engkau percaya bahwa tempat mu hanya ada di dalam kebaikan.