Jika komputer Anda tampaknya lebih lambat daripada yang akan digunakan, mungkin hal ini. Seiring waktu, mendapatkan komputer lambat karena file menjadi kacau dan sumber daya yang dikonsumsi oleh perangkat lunak yang tak perlu. Untungnya, Microsoft Windows XP dilengkapi peralatan untuk membersihkan komputer Anda dan mengembalikan kinerjanya. Lima langkah di artikel ini akan membimbing Anda melalui penggunaan alat ini untuk tune up komputer Anda.

Sebelum Anda melakukan apapun, cadangan komputer Anda. Beberapa langkah-langkah di artikel ini dapat menyebabkan pra-masalah yang ada tapi tersembunyi ke permukaan, yang dapat menjaga komputer Anda dari awal. Cadangan yang memungkinkan Anda untuk memulihkan file Anda penting dalam kegiatan yang tidak mungkin sesuatu yang tidak bersalah.

1. Hapus program yang tidak digunakan
Pertama, menghapus program yang tidak digunakan lagi. Program mengambil tempat di komputer Anda, dan beberapa di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda. Menghapus program yang tidak digunakan dapat membantu memulihkan kinerja komputer Anda.

2. Memasang dan menjalankan antispyware software
Kebanyakan program dapat dihapus menggunakan Tambah atau Hapus Program fungsi yang dapat diakses dari Control Panel, tetapi program spyware lebih ngotot. Windows Defender (gratis download dari Microsoft) atau program lain antispyware dapat mendeteksi dan menghapus program-program ini. Anda harus selalu memiliki program antispyware terinstal, mungkin karena spyware menginstal dirinya pada komputer tanpa sepengetahuan Anda. Setelah Anda menginstal program antispyware, jalankan untuk mendeteksi dan menghapus setiap program yang tidak diinginkan.

3. Membebaskan ruang-siakan
Menghapus program yang tidak digunakan merupakan cara terbaik untuk membebaskan ruang disk yang akan mempercepat komputer Anda. Cara lain untuk menemukan wasted disk adalah dengan menggunakan alat Disk Cleanup.

Untuk menjalankan Disk Cleanup alat
1. Klik Mulai, kemudian klik My Computer.

my-computer

2. Klik kanan Local Disk, dan kemudian klik Properties.

click-properties 3. Pada tab General, klik tombol Disk Cleanup. Disk Cleanup akan menghabiskan beberapa menit memeriksa disk Anda.

click-disk-cleanup


4. Disk Cleanup pada kotak dialog akan muncul. Pilih masing-masing kotak cek di File untuk menghapus daftar, kemudian klik OK.

click-ok


5.Ketika diminta, klik Yes. Disk Cleanup akan menghabiskan beberapa menit menghapus file-file ini, yang akan memberikan Anda lebih banyak tempat.

click-yes

Jika Anda memiliki lebih dari satu hard disk drive, ulangi proses ini untuk setiap hard disk drive yang terdaftar di My Computer.
Atas halaman

4. Defragment hard disk drive
Terkadang, sebuah artikel koran skips dari halaman depan ke suatu tempat di tengah-tengah kertas. Anda harus berhenti membaca artikel dan flip melalui karya untuk menemukan halaman di mana ia terus. Anda dapat membaca artikel lebih cepat jika yang dicetak pada satu halaman.

File di komputer Anda dapat menjadi salah satu-bagi, seperti koran artikel, atau unfragmented, seperti sebuah buku. Seiring waktu, semakin banyak file menjadi bagi. Ketika sebuah file-bagi, dibutuhkan lagi untuk komputer untuk membaca karena harus melompat ke bagian yang berbeda dari hard disk drive-seperti ini akan membawa Anda beberapa detik untuk menemukan halaman di bagian tengah koran.

defragment

Defragmentation meningkatkan performa komputer Anda oleh ulang file Anda.

Sementara fragmentasi terlihat rumit, mudah untuk defragment komputer Anda.

Defragment ke komputer Anda
1. Klik Mulai, kemudian klik My Computer.

my-computer1

2. Klik kanan Local Disk, dan kemudian klik Properties.

click-properties13. Klik tab Tools, lalu klik Defragment Now.

click-defragment-now

4.Disk Defragmenter yang muncul. Klik hard disk drive, lalu klik Defragment.

click-defragment
5.Disk Defragmenter akan bekerja paling tidak untuk beberapa menit, meskipun mungkin memakan waktu beberapa jam. Ketika diminta, klik Tutup.

click-closeJika Anda memiliki lebih dari satu hard disk drive, ulangi proses ini untuk setiap hard disk drive yang terdaftar, mulai dari langkah 4.

5. Memutuskan sambungan jaringan yang digunakan
Jika Anda memiliki, atau sudah pernah ada, dengan jaringan lebih dari satu komputer, Anda mungkin sangat bermanfaat untuk berbagi file di antara komputer oleh pemetaan drive jaringan. Pemetaan drive jaringan komputer memungkinkan seseorang untuk membaca dan menulis file ke komputer lain dari hard disk drive seolah-olah mereka terhubung secara langsung ke masing-masing.

Masalahnya adalah drive jaringan dengan Windows XP yang akan mencoba untuk terhubung ke jaringan berkendara ketika mulai. Jika komputer remote tidak segera merespon, Windows XP akan menunggu, yang akan memperlambat waktu startup Anda. Selain itu, beberapa program akan mencoba untuk terhubung ke jaringan bila Anda menelusuri drive untuk file dan folder. Jika Anda pernah mencoba untuk membuka file dan harus menunggu beberapa detik, itu mungkin karena program yang mencoba untuk membuat sambungan jaringan-bahkan jika Anda membuka file yang di komputer anda.

Untuk mengurangi masalah ini, lepaskan semua drive unused
1. Klik Mulai, kemudian klik My Computer.

my-computer2

2. Pada menu Tools, klik Putus Jaringan Drive.

click-disconnect-network-drive

3. Pilih drive jaringan yang tidak diperlukan lagi, dan kemudian klik OK.

disconnect-click-ok

Melaksanakan lima langkah di artikel ini satu kali dalam satu bulan akan membantu anda menjaga komputer Anda berjalan pada puncak performa.

Sumber: Belajar Ilmu Komputer / Microsoft