hu-jia

Hu Jia

Hu jia, aktivis hak asasi manusia (HAM) China, telah ditangkap dengan tuduhan “melakukan subversi terhadap kekuasaan negara”, kata kelompok Pembela HAM China (CHRD), Sabtu.

Hu telah dalam tahanan rumah lebih dari enam bulan dan telah ditahan pada Kamis, kata CHRD.

Penahanan atas perintah yang dikeluarkan polisi itu tidak dijelaskan secara rinci tentang tindakan apa yang ia lakukan sehingga ditahan.

Sekitar 20 perwira kepolisian menyerbu rumahnya Hu, memutuskan hubungan internetnya, dan merampas telepon genggamnya.

Polisi tetap berada di rumah itu setelah menciduk Hu, mengawasi istrinya Zeng Jingyan, putrinya yang berusia enam pekan, dan neneknya untuk mencegah pemberitaan tentang penangkapan itu, kata CHRD.

Hu dikenal menyuarakan pasien AIDS dan pelecehan HAM serta sangat kritis terhadap pemerintah menjelang Olimpiade 2008 yang akan berlangsung di Beijing.

Para wartawan tanpa batas negara mengecam keras penangkapan itu, dan mengatakan dalam suatu pernyataan bahwa pihak berwenang “telah mengambil keuntungan dari fokus masyarakat internasional tentang Pakistan untuk menangkap salah seorang yang berjuang secara damai untuk kebebasan berekspresi di China.”

Kelompok HAM menyerukan masyarakat internasional mengintervensi kepentingan Hu, “dengan demikian agar ia tidak menjadi korban penindasan pra-olimpiade