132817p1

HP menghadirkan varian DVD ReWriter-nya dengan seri HP DVD1060r-QH23 yang merupakan versi box tanpa fitur lightscribe. Fasilitas yang ada di antaranya termasuk DVD-/+ R/DL serta DVD-RAM (yang meskipun kurang populer, sudah mendukung kecepatan tulis terkini yaitu hingga 12x).

Kemampuan perangkat ini saat membaca keping CD-R terlihat cukup bagus, kencang, dan tidak berisik. Putaran awal perangkat ini saat membaca keping CD mencapai level kecepatan 21,12x (berdasarkan pengukuran menggunakan Nero DiscSpeed 4 sesuai tabel yang disertakan). Saat membaca keping DVD+R dan DVD-R DL, boleh dikatakan tidak ada suara yang keluar dari perangkat ini.

Kecepatan tulis terlihat impresif terutama saat membaca keping CD-R dan DVD-R Dual layer. Waktu yang ditoreh menyamai rata-rata kecepatan perangkat lain dengan jenis yang sama. Spesifikasi kecepatan pada keping pun telah sesuai dengan apa yang tercatat oleh Nero versi 8.3.2.1, tidak terdapat peningkatan kecepatan atau over-spec seperti pada perangkat lain. Sementara saat menulis data sebesar 4,25GB menggunakan keping DVD+R, diperlukan waktu yang sedikit lebih lama (sekitar 7 menit dibandingkan produk lain). Namun demikian, hal ini tidaklah menjadi masalah mengingat hasil perekamannya telah cukup sempurna (dengan skor kualitas mencapai 95% menggunakan skala benchmarking Nero DiscSpeed 4).

Sayangnya terdapat sedikit kelemahan saat perangkat ini mencoba membaca data pada DVD-R. Putaran perangkat ini terdengar sangat berisik disertai dengan getaran yang cukup keras. Hal ini terjadi saat perangkat ini membaca keping CD/DVD dengan permukaan agak kotor/memiliki goresan. Tingginya putaran ini boleh jadi dimaksudkan agar data yang ada bisa dibaca dengan sempurna. Namun, saat dipakai untuk membaca keping CD/DVD yang masih mulus, getaran atau pun suara bising tadi tidak terjadi.

***

HP DVD1060r-QH23 tampil cukup mengesankan meski tidak bisa dibilang istimewa. Apa yang ditawarkan memang bukan sesuatu yang baru berdasarkan spesifikasi yang ada. Namun hasil uji yang cukup baik serta nama besar HP yang disandangnya bisa menjadi nilai lebih sebuah perangkat DVD ReWriter internal berkoneksi SATA. (Dayu Akbar – Kontributor)

Plus : Kemampuan baca dan tulis bagus; harga terjangkau.
Minus: Bising pada kecepatan tinggi; agak lambat menulis di keping DVD+R.

Sumber: Info Komputer