Kata “Computer” berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Kata menghitung disini bukan berarti komputer hanya digunakan untuk berhitung saja melainkan untuk segala bentuk keperluan manusia bisa dilakukan oleh komputer.

Para pakar dan peneliti mendefinisikan termininologi komputer sebagai berikut :

  • Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memori, dan menghasilkan output atau informasi.
  • Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti : menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan data dan menampilkan output atau informasi
  • Sedangan Fuori mengatakan bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

Sistem Komputer terdiri dari 3 (tiga) bagian penting yaitu Hardware, Software dan Brainware. Ketiga bagian ini tidak bisa terpisahkan dari sistem komputer. Sistem Komputer tidak akan berjalan tanpa salah satu bagian/komponen penting di atas.

Hardware adalah Peralatan komputer itu sendiri yang bisa di jamah/di pegang
Software adalah urutan instruksi/perintah yang di buat manusia untuk mengolah data
Brainware adalah orang yang menggunakan/menjalankan komputer

Sumber: Belajar Ilmu Komputer